SELAMAT DATANG DI BLOGG RESMI HALIM SARAGI,semoga Bermamfaat ,Salam Pergerakan !!

Sabtu, 05 Oktober 2013

PT CSIL Klaim 4 Ribu Hektare Tanah Warga Sei Kepayang

SEI KEPAYANG – Warga Sei Kepayang resah dengan terbitnya surat atas nama PT Citra Sawit Indah Lestari (CSIL) Nomor :024/CSIL/VIII/2013 yang mengklaim arealnya seluas 4.773,90 hektar di Desa Bangun Baru dan Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan.
Bahkan dalam surat yang ditujukan kepada Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI di Jakarta tertanggal 23 Agustus 2013 itu, PT CSIL meminta kepada BPN agar tidak menerbitkan sertifikat hak atas tanah kepada pihak lain di atas arealnya tersebut.
Dodi Suhendra, Humas PT CSIL yang dihubungi Metro melalui sellularnya, Jumat (4/10), membenarkan adanya surat dari PT CSIL tersebut. Katanya, surat tersebut dikirimkan ke BPN-RI di Jakarta adalah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya sertifikat hak tanah yang tumpang tindih di areal hutan konversi dari Kelompok Hutan Nantalu tersebut.
”Benar,kita ada menerbitkan dan melayangkan surat tersebut ke BPN-RI di Jakarta pada bulan Agustus 2013 lalu. Hal itu dilakukan oleh perusahaan sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya sertifikat yang tumpang tindih di atas arel hutan konversi antara PT CSIL dengan pihak lain.
Soalnya, belakangan ini kita mendengar, ada pihak-pihak dari kelompok masyarakat yang mengajukan prona untuk penerbitan sertifikat hak atas tanah di areal tersebut, padahal pemegang hak atas hutan konversi yang terletak di Desa Bangun Baru dan Desa Perbangunan itu adalah PT CSIL. Hal itu dibuktikan dengan Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : SK.573/MENHUT-II/2009 tertanggal 28 September 2009,” ujar Dodi Suhendra.
Terkait dengan beredarnya copy surat atas nama PT CSIL tersebut, sontak membuat sejumlah warga masyarakat di Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan menjadi resah. Soalnya, seluruh wilayah Desa Bangun Baru maupun Desa Perbangunan telah dikelola masyarakat sejak puluhan tahun yang silam, akan tetapi, tiba-tiba bisa diklaim menjadi areal dari PT CSIL yang baru muncul di tempat tersebut beberapa tahun yang silam.
“Sejak tahun 1970-an hingga saat ini, lahan di Desa Bangun Baru dan Desa Perbangunan ini telah dikelola oleh masyarakat, sebagai areal permukiman, persawahan, perladangan dan perkebunan. Jika saat ini, areal milik masyarakat ini bisa beralih kepemilikannya secara mendadak kepada PT CSIL, kami tidak dapat menerimanya,” ujar Jaringan Sihotang (50), salah seorang putra kelahiran Desa Perbangunan kepada Metro.
Menurut Jaringan Sihotang, dengan beredarnya copy surat dari PT CSIL tersebut, warga Desa Bangun Baru dan Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan dipastikan, akan melakukan perlawanan. Soalnya, aku Jaringan Sihotang, warga setempat sudah sejak puluhan tahun yang lalu bermukim di Desa Bangun Baru maupun Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang itu dan menguasai dan mengusahai lahan-lahan dikawasan tersebut dengan alas hak yang sah dari pemerintah.
Sementara itu, keterangan lain yang diperoleh Metro dilapangan mengatakan, bahwa dalamtahun 2013 ini, BPN Kabupaten Asahan telah membuka kesempatan kepada masyarakat di Desa Bangun Baru dan Desa Perbangunan serta pedesaan lainnya yang ada di Kecamatan Sei Kepayang untuk mengurus sertifikat hak atas tanah yang dikuasainya melalui proyek prona.
Akan tetapi, tanpa alasan yang jelas, hingga saat ini, permohonan prona yang diajukan oleh masyarakat di Desa Bangun Baru dan Desa Perbangunan belum juga direalisasikan oleh pihak BPN Kabupaten Asahan. (ck-5)

SUMBER :http://www.metrosiantar.com/2013/pt-csil-klaim-4-ribu-hektare-tanah-warga-sei-kepayang/

1 komentar:

  1. Halo, saya Ibu Diana, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: dianarobertloanfirm@gmail.com

    BalasHapus