SELAMAT DATANG DI BLOGG RESMI HALIM SARAGI,semoga Bermamfaat ,Salam Pergerakan !!

Senin, 12 November 2012

Pelayanan PLN Kisaran Buruk

KISARAN - Pelayanan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Ranting Kisaran dianggap buruk. Perusaan plat merah ini, dinilai belum melaksanakan amanah dan semangat UU Nomor : 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan. Buktinya, selain semakin rutinnya pemadaman arus, pelayanan terhadap konsumen juga dianggap belum maksimal.
Guntur Albugis, didampingi Muhammad Az, dalam sebuah perbincangan dengan koran ini Rabu (7/11) petang kemarin mengatakan, dalam beberapa bulan belakangan, intensitas pemadaman arus listrik di Kisaran semakin tinggi. Bahkan, kata dia, pemadaman tidak pernah didahului dengan pemberitaan kepada masyarakat oleh pihak PT PLN.
“Pemadaman yang tiba-tiba ini jelas merugikan masyarakat sebagai konsumen. Menurut hemat kami, ini sudah membuktikan bahwa PLN telah melanggar amanat UU Nomor : 30 Tahun 2009 tentang ketenaga listrikan. Di mana, salahsatu pointnya mengatakan, konsumen berhak mendapat pelayanan yang baik, mendapatkan tenaga listrik secara terus menerus dengan mutu dan keandalan yang baik, memperoleh tenaga listrik yang menjadi haknya dengan harga yang wajar, mendapat pelayanan untuk perbaikan apabila ada gangguan tenaga listrik, mendapat ganti rugi apabila terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan atau kelalaian pengoperasian oleh pemegang izin penyediaan tenaga listrik sesuai syarat yang diatur dalam perjanjian jual beli tenaga listrik,”papar Guntur panjang lebar.
Dia menambahkan, setelah memperhatikan hal tersebut dengan secara sekasama, mereka sebagai masyarakat yang juga konsumen PLN melihat jelas ada indikasi pelanggaran terhadap undang-undang itu. Padahal semangat undang-undang itu mengisyaratakan agar konsumen mendapat pelayanan yang prima. Tapi apa lacur sebut Guntur, hingga saat ini tidak terlihat ada upaya pihak PLN Ranting Kisaran untuk memberikan servis yang baik kepada konsumen.
Harusnya, masih menurut Guntur yang juga menjabat sekretaris pada salahsatu OKP ini, PLN Ranting Kisaran harus berbenah, untuk memperbaiki kinerja. Hal ini untuk mencegah munculnya desakan/komplain dari konsumen, karena merasa tidak puas dengan pelayanan PT PLN.  “Kita tidak berharap buruknya kinerja PLN membuat konsumen mendesak mereka mengganti rugi kerusakan, atau kerugian material yang mereka alami,” tegasnya.
Sedang salah seorang konsumen Azwar Batu Bara, kepada METRO juga mengeluhkan buruknya pelayanan PLN terutama bagi warga pemakai arus prabayar. Kata dia, sering setelah dibayar arus dan kemudian dihidupkan dan tak lama padam. Sedang Halim Saragih,  justru menyoroti pembayaran rekening lampu penerangan jalan. Dia mengaku heran, disaat sudah banyak lampu penerangan jalan yang mengalami kerusakan, dan tidak diperbaiki, konsumen tetap dibebankan membayar tagihan.
“Ini perlu dipertanyakan dan ditelusuri. Kemana dananya? Kan aneh, lampu jalan sudah tak berfungsi, tapi pembayarannya masih dibebankan kepada masyarakat,” tanya Halim heran.
Sedangkan Kepala PT PLN Ranting Kisaran Suhariadi , dalam penjelasan singkatnya mengaku telah bekerja semaksimal mungkin. Meski di sana-sini masih terdapat berbagai persoalan, Suhariadi mengisyarakatkan, mereka akan terus melakukan pembenahan.(van)

sumber :  
http://www.metrosiantar.com/2012/pelayanan-pln-kisaran-buruk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar